SATU UNTUK SEMUA : CIRI-CIRI WEBSPAM

SATU UNTUK SEMUA - Ciri-ciri Webspam. Algoritma Google Pinguin sangat tidak menyukai adanya web/blog yang termasuk ke dalam golongan Webspam untuk dapat menempati peringkat-peringkat elit di jajaran hasil pencarian Google. Web/blog yang tergolong ke dalam jenis webspam ini pasti akan dilibas dan ditendang keluar dari halaman pertama (10 blog/web) hasil pencarian Google search engine.
Berikut ini adalah ciri-ciri blog/web yang tergolong ke dalam kategori webspam  :

1. Mempergunakan hidden-text
Hidden text adalah text blog yang berwarna sama dengan latar belakang template blog yang kita pakai, hal ini dapat dikategorikan sebagai salah satu black hat seo, apalagi bilamana text yang kita sisipkan tersebut berupa kata kunci (keyword) blog. Nah Google Pinguin akan menganggap praktek demikian ini sebagai praktek spamming dalam dunia SEO.

2. Mempergunakan hidden-links
Sejalan dengan point pertama di atas, pemakaian hidden-links dengan warna yang sama dengan latar belakang template blog yang kita pakai dapat diterjemahkan sebagai tindakan spamming. Mengapa demikian ? Bagi sebagian orang (webmaster) link semacam ini dimanfaatkan untuk mendapatkan kunjungan tak terduga, dan bisa jadi dimanfaatkan untuk situs-situs affiliasi mereka. Dengan kata lain, menyembunyikan link seperti warna latar belakang blog yang kita pakai dapat dipergunakan untuk menjebak beberapa pengunjung/visitor blog untuk mengunjungi situs-situs/blog/web yang tidak diharapkan, dan karena sebab itulah, maka Google Pinguin menganggapnya sebagai suatu tindakan spamming.

3. Mempergunakan Keyword stuffing
Dalam membuat konten blog yang SEO friendly biasanya kita akan mengulang beberapa kata tertentu yang akan kita jadikan target kata kunci (keyword), tujuannya adalah agar prosentase keyword density menjadi meningkat yang pada akhirnya Google search engine akan beranggapan bahwa konten blog tersebut menjadi relevan untuk ditampilkan karena banyaknya keyword yang kita sebar di dalam konten (postingan) blog. Tindakan yang berlebihan ini akan langsung dianggap sebagai spam oleh Google Pinguin.

4. Menggunakan irrelevant-keyword
Membuat keyword yang tidak relevan dengan isi konten (postingan) blog kita dapat dikatakan sebagai salah satu usaha untuk memanipulasi pengunjung (visitor) dan spider bot. Oleh karenanya dalam hal ini perlu perhatian khusus saat kita menetapkan keyword blog kita, dan sudah selayaknya keyword tersebut adalah sesuai dengan isi/konten postingan yang ada dalam blog kita.

5. Mempergunakan Cloaking atau Sneaky Redirect
Situs atau blog yang menerapkan praktek Cloaking atau Sneaky Redirect ini sesungguhnya sangat merugikan pengunjung/visitor blog. Pada dasarnya setiap pengunjung/visitor ingin masuk serta membaca isi postingan blog kita, namun di sisi lain, ketika mereka telah berhasil masuk, ternyata dialihkan ke suatu halaman lain yang tidak mereka kehendaki. Baik manusia ataupun spider-bot sangat tidak menyukai hal ini, oleh karenanya Google Pinguin sangat gencar memberikan penalti terhadap situs-situs/blog/web yang mempraktekkan Cloaking atau Sneaky Redirect ini.

6. Mempergunakan Doorway-Page
Doorway page adalah usaha untuk mengelabui mesin pencari dengan menyajikan keyword dalam jumlah yang banyak dengan mempergunakan script tertentu (pengunjung tidak dapat melihat keyword ini, namun spider bot dapat melihatnya dengan jelas). Kebanyakan halaman dengan tehnik ini hanya menyajikan muatan konten yang minim dan kurang berkualitas, sehingga menjadikan tehnik ini sebagai salah satu black hat seo, yang tentu saja melanggar aturan Google Pinguin.
7. Menerapkan Duplicate Content
Untuk saat ini duplicate content yang terjadi baik di dalam maupun di luar blog dapat dianggap sebagai sebuah spam oleh Google Pinguin. Oleh karenanya, sedapat mungkin hindarilah terjadinya duplicate-content ini, meskipun tidak secara sengaja kita lakukan. Oleh karenanya di dalam template blog hendaknya kita pasang sebuah script yang dapat mencegah terjadinya duplicate content tersebut.

8. Mempergunakan Link-spaming
Dalam upaya untuk memperkuat internal link-building, setiap content (postingan) pasti akan memberikan link keluar yang menuju ke postingan kita yang lainnya. Link keluar yang tidak sesuai dengan content yang sedang kita buat/tulis dapat diartikan sebagai suatu bad-link. Parahnya, Google Pinguin mengartikan bad-link ini sebagai sebuah tindakan spam, dan pastinya akan mendapatkan penalti.

9. Menerapkan Query Otomatis ke Google
Untuk blog/web yang menerapkan sistem script otomatis dengan memunculkan content hasil pencarian terutama dari Google search engine dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang merugikan pengunjung/visitor blog dan merupakan suatu tindakan yang melanggar hak cipta Google sendiri. Oleh karenanya sejak berlakunya Google Panda, ditambah dengan Google Pinguin sebagai sebuah algoritma yang baru, Google senantiasa memerangi sekaligus memberantas situs-situs yang menerapkan cara tersebut.

10. Penerapan program Afiliasi
Pada pertengahan Desember 2011 terjadi update terbaru pada TOS Google dan salah satu hasilnya adalah adanya sinyal terhadap situs-situs yang mengikuti program afiliasi untuk menyajikan content yang lebih informatif dan relevan kepada para pengunjung/visitor blog, agar tidak terkena penalti dari Google. Hingga saat inipun masih diberlakukan hal yang sama, bilamana situs-situs afiliasi yang kita miliki kurang begitu memberikan nilai yang positip bagi pengunjung/visitor kita, bisa jadi Google Pinguin akan menganggapnya sebagai sebuah situs yang hanya dipergunakan untuk mencari uang dengan tanpa memperhatikan kualitas blog/situs tersebut.

11. Blog/web yang mengandung Virus atau sejenisnya
Salah satu ciri webspam menurut Google Pinguin adalah situs yang mengandung virus Trojan atau sejenisnya, situs-situs yang seperti ini sangat merugikan pengunjung/visitor. Oleh karenanya bilamana situs/blog kita terindikasi mengandung virus, segeralah ambil tindakan untuk membersihkannya agar tidak terkena penalti dari Google Pinguin.

12. Memanfaatkan situs Link berbayar
Point terakhir yang dianggap webspam oleh Google Pinguin adalah pemakaian Link-Berbayar dan bilamana Google mengetahui kita 'menjual atau membeli link' melalui algoritma barunya 'Google Pinguin', maka dia akan segera mengambil tindakan serta memberikan penalti kepada blog/web/situs yang kita miliki.

Demikianlah ciri-ciri webspam, semoga kita tidak termasuk kedalamnya, semoga bermanfaat.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright satu untuk semua 2011 -2012 | Design by Satu Untuk Semua | Powered by Blogger.com.