TENTANG ALEXA RANK

Sebelumnya saya mohon maaf bilamana dalam uraian saya tentang Kupas Tuntas Alexa rank for blog ini terdapat kata-kata atau hal-hal yang tidak berkenan ataupun salah prediksi. Saya mohon maaf, terus terang saya kurang begitu paham tentang Alexa rank itu sendiri, maklum saya masih junior dalam dunia blogging dan belum masuk golongan master.

Sepanjang yang saya ketahui, Alexa rank ini banyak dibicarakan di berbagai website maupun blog dengan berbagai macam versi yang berbeda-beda, ada yang membahas Alexa rank ini beserta cara-cara meningkatkannya secara alami dan benar, namun tidak sedikit pula yang membahasnya beserta cara-cara kotor (hack) untuk mempertinggi (baca memperkurus) nilai Alexa rank itu sendiri.

Alexa rank itu sendiri pada dasarnya dapat dipergunakan untuk mendeteksi seberapa populernya sebuah website ataupun blog itu,  yang diperhitungkan berdasarkan basic traffic dan pageviews berdasarkan suatu metode Alexa rank yang cukup rumit, sehingga keluar hasil akhir dalam bentuk perankingan. Metode perankingan ala Alexa rank ini berbanding terbalik dengan metedo perankingan ala Googgle rank. Dalam kacamata Alexa, semakin kecil nilai ranking sebuah website atau blog, hal ini berarti bahwa website atau blog tersebut memang benar-benar populer. Saya berharap jangan melihat indikator Alexa rank pada blog ini, karena saat artikel ini diterbitkan, posisinya masih N/A alias belum diperhitungkan sama sekali.

Terus terang, saya pernah mengalami sedikit kecewa dengan Alexa rank ini, begini ceritanya : Saya memiliki blog yang telah saya bangun sejak dua tahun yang lalu, blog tersebut telah berisi 100 postingan lebih serta tetah mempertahankan thema yang sama dengan judul blognya. Namun permasalahannya adalah, sampai saat artikel ini terbitkan, posisi Alexa rank nya masih berkisar pada angka 7 juta, dan link in nya hanya berjumlah 50. Padahal, saat saya lakukan cross check dengan Google Webmaster, link yang menuju ke blog tersebut terlah berjumlah 2000 lebih. Nah dengan kenyataan ini, bingunglah saya, tapi tetap tidak mengenal putus asa (dasar mental baja ...... ), terus saya cari dan saya pelajari secara perlahan, akhirnya ada sedikit hasil baik, yaitu saya telah menemukan cara saya sendiri untuk memperkecil Alexa rank (meskipun hal ini masih perlu dibuktikan dengan mengujinya pada blog-blog saya yang lain).

Kembali kepada masalah Alexa rank, pada dasarnya di tante Alexa ini memiliki cara sendiri untuk menentukan bagus tidaknya, populer tidaknya suatu website atau blog berdasarkan dua faktor utama yaitu Alexa Traffic dan Alexa Pageview yang dengan perhitungan cukup rumit, dikombinasikan dengan berbagai parameter,  akhirnya dimunculkan suatu report dalam bentuk Alexa rank atau Ranking Alexa. Nah, sampai di sini kita sudah sedikit membuka tabir rahasia Alexa rank, artinya begini, bila kita menginginkan Alexa Rank kita mengurus (naik peringkat), maka ada dua hal perlu diperhatikan, yaitu meningkatkan Alexa Traffic maupun Alexa Pageview, dua hal yang tidak dapat dipisahkan, alias selalu harus berjalan bersama-sama.

Satu hal penting yang harus dipahami tentang masalah Alexa rank ini, yaitu peringkat Alexa rank sama sekali tidak menunjukkan atau membuktikan bobot/kualitas sebuah website/blog, karena apa ? Yah ..., karena Alexa rank ini hanya berfokus pada masalah Alexa Traffic dan Alexa Pageview, jadi sama sekali tidak memperhatikan masalah kualitas konten (isi) blog, yang penting jumlah visitor meningkat dan jumlah halaman yang terbaca tinggi....., cukuplah dua indikator tersebut bagi tante Alexa.

Kiranya cukup sampai di sini dulu perkenalan kita tentang Alexa rank ini, pada tulisan-tulisan mendatang pasti akan diulas tuntas laksana "Kupas Tuntas".

Untuk informasi lebiih lanjut, anda dipersilahkan untuk membaca artikel INDICATOR PENILAIAN ALEXA RANK FOR BLOG, yang merupakan lanjutan dari artikel ini.

Share this Article on :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih bwt infonya...ane masih newbie gan.masih rada bingung sma si alexa ntu

Posting Komentar

 

© Copyright satu untuk semua 2011 -2012 | Design by Satu Untuk Semua | Powered by Blogger.com.