SEO OPTIMIZER (bagian pertama)

Satu Untuk SemuaKetika melihat tulisan SEO, maka muncul pertanyaan di dalam benak kita, Apa sih SEO itu sebenarnya ? Apa manfaat atau kegunaannya ? Kenapa menjadi bahan pembicaraan yang sedemikian sulitnya ? Bagi saya pertanyaan-pertanyaan semacam itu adalah merupakan suatu hal yang wajar saja, bisa jadi karena sebab ketidak tahuan kita (seperti saya ini) atau memang kita tidak suka pada hal yang ribet-ribet sifatnya.

Baiklah saya akan mencoba mengulas sedikit saja tentang SEO ini (sejauh apa yang saya ketahui dan apa yang saya alami). Hal ini sejalan dengan kondisi saya yang memang bukanlah seorang pakar SEO, melainkan hanya seorang blogger biasa (dan belum berpengalaman) yang ingin lebih mengetahui rahasia-rahasia blogger mania serta para pakar-pakar SEO. Terus terang saya tidak begitu paham tentang teori-teori SEO, tetapi ulasan ini nantinya akan berdasarkan pada pengalaman dan hasil belajar saya pribadi.

SEO adalah Search Engine Optimization yang merupakan sebuah cara atau metode yang bertujuan untuk mengoptimalkan halaman-halaman situs, website atau blog yang kita miliki, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal (para competitor). Dengan belajar SEO serta menerapkannya, diharapkan situs atau website atau blog yang kita miliki ini dapat menempati halaman pertama mesin-mesin pencari semacam Google, Yahoo dan lain-lain, tentu saja berdasarkan suatu keyword (kata kunci atau frasa) tertentu. Dengan menempati halaman pertama mesin pencari, kita berharap dapat memperoleh banyak kunjungan dari para visitor yang pada akhirnya dapat menaikkan traffic-blog kita. Memang hal ini tidak dapat menjadi jaminan sepenuhnya, artinya walaupun situs/website/blog kita sudah menempati halaman pertama mesin pencari, namun belum menjamin tingginya traffic-blog kita. 
Secara simple-nya seperti ini, untuk mendapatkan banyak pengunjung dari search engine maka kita harus tau dulu apa saja yang paling sering dicari orang menggunakan search engine, dengan banyaknya pencarian untuk kata tersebut dan situs yang muncul dihalaman pertama adalah situs/website/blog kita, maka search engine akan dapat mendatangkan banyak pengunjung kedalam situs kita. Sebaliknya jika jumlah pencarian untuk kata-kata tersebut sedikit, walaupun situs Anda menempati posisi pertama google, pengunjung yang dihasilkan search engine tidak akan maksimal. Banyak cara yang telah dibahas oleh para pakar SEO, namun dalam hal ini saya akan mencoba membahasnya secara simple saja.

Dalam proses dan metode SEO Optimizer ini setidaknya terdapat 3 (tiga) hal dasar yang perlu mendapatkan perhatian utama kita, yaitu  :

1. Research Keyword atau penelitian terhadap keyword yang akan kita pergunakan nantinya.
2. Optimasi Konten atau yang sering disebut juga dengan On Page SEO.
3. Link Building atau yang sering juga disebut dengan Off Page SEO.

Untuk tahap perkenalan ini saya cukupkan sampai di sini dulu, supaya kita tidak bertambah pusing, dan selanjutnya perihal 3 item tersebut di atas akan saya bahas dalam tulisan atau artikel-artikel berikutnya.

Salam.
Share this Article on :

1 komentar:

brow rahmat mengatakan...

makasih gan infonya

Posting Komentar

 

© Copyright satu untuk semua 2011 -2012 | Design by Satu Untuk Semua | Powered by Blogger.com.